Magister Fisika UNP
  • Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang, Indonesia
News details

Berita

Berita 2023-10-25 Even Triaga

Pengukuhan Guru Besar Prof. Pakhrur Razi, Ph.D

Padang- Universitas Negeri Padang kembali menggelar Sidang Senat Terbuka Akademik pengukuhan Guru Besar di Auditorium UNP (25/10). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh anggota senat, pimpinan universitas, dosen, dan tamu undangan. Dalam sambutan rektor mengucapkan selamat kepada Prof. Pakhrur Razi, Ph.D., Prof. Dr. Asrizal, M.Si., Prof. Dr. Hardeli, M.Si., Dr. Linda Advinda, M.Kes., Dr. Yerimadesi, M.Si., Prof. Drs. Zelhendri Zen, Ph.D., Prof. Dr. Wilda Welis, M.Kes., Prof. Dr. Abna Hidayati, M.Pd atas capaian gelar Guru Besarnya.

Dalam orasi ilmiah Prof. Pakhrur Razi, Ph.D memaparkan Penelitian yang dikerjakan berfokus pada mitigasi sebelum bencana. Teknologi yg bisa dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah teknologi Radar. Secara lebih spesifik jenis radar yang digunakan GB SAR.

Teknologi GB SAR dapat digunakan untuk memonitoring pergerakan-pegerakan tanah. Dari data tersebut dapat diperkirakan dampak yang akan terjadi kedepannya. Teknologi GB SAR ini menggunakan prinsip-prinsip dasar fisika tentang gelombang elektromagnetik.

Lebih lanjut, dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat 5 titik yang berpotensi longsor di kelok sembilan, kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Dari lima titik tersebut dua diantaranya telah terjadi longsor.

Penelitian juga dilakukan di Mentawai untuk Observasi episentrum gempa bumi. Selain itu penelitian juga dilakukan di Kota Padang untuk memonitoring daerah yang berpotensi terjadi likuifaksi. Saat ini sedang dikembangkan drone untuk memprediksi daerah rawan longsor. Tutupnya.

Ditempat terpisah, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNP bapak Dr. Yulkifli, M.Si mengapresiasi capaian guru besar FMIPA yang dikukuhkan hari ini. Dalam sambutan Dekan FMIPA menyampaikan ‘pada hari ini menjadi sejarah baru FMIPA dengan pengukuhan guru besar terbanyak selama FMIPA UNP berdiri. Kontribusi dan pemikiran dari guru-guru besar FMIPA sangat dibutuhkan untuk kemajuan Fakultas kedepannya.

Magister Fisika UNP