Magister Fisika UNP
  • Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang, Indonesia
News details

Berita

Berita 2023-10-20 Even Triaga

PSM Fisika Sukses Melaksanakan Kuliah Umum GB-SAR

PSM Fisika dan Departemen Fisika melaksanakan kuliah umum pada Jumat, 20 Oktober 2023 di Aula FMIPA UNP. Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan fakultas, dosen-dosen fisika, dan mahasiswa. Dalam sambutan yang disampaikan oleh kepala departemen fisika berharap kegiatan seperti ini sering dilaksanakan. Kegiatan kuliah umum akan membuka wawasan baru bagi mahasiswa terutama pada bidang antenna dan remote sensing.

Kegiatan ini juga diapresiasi oleh pimpinan fakultas lewat kata sambutan dari wakil dekan I FMIPA Dr. Yuni Ahda, M.Si. departemen fisika telah berulang kali melaksanakan kegiatan kuliah umum. Sebelumnya departemen fisika juga melaksanakan kuliah umum tentang paleomagnetik.

Dalam kegiatan ini mengundang Yuta Izumi, Ph.D Sebagai narasumber dari Muroran Institute of Technology, Jepang. Yuta Izumi, pH.D merupakan salah satu anggota pusat riset Disaster Monitoring and Earth Observation Laboratory (DMEO) yang diketuai oleh Prof. Pakhrur Razi, Ph.D. dosen PSM Fisika. Kegiatan ini mengangkat tema “Ground-based Synthetic Aperture Radar: From Basic to Applications”

Dalam paparan materi Yuta Izumi menyampaikan konsep dasar dari radar sampai ke aplikasi radar. Konsep dasar radar menggunakan konsep pemantulan gelombang elektromagnetik. Radar dapat diaplikasikan pada pemantauan gletser, monitoring infrastuktur, monitoring bidang luncur tanah. Keunggulan dari Radar yaitu radar dapat bekerja secara terus menerus dan akurasi pemetaannya sampai 2 cm.

Lebih lanjut Prof. Pakhrur Razi, Ph.D menambahkan, sifat radar berbeda dengan optik yang membutuhkan cahaya dalam pengamatan. Radar tidak membutuhkan cahaya. Radar sering digunakan untuk kegiatan fishing. Bahkan sekarang radar sudah digunakan dalam bidang militer.

Pakhrur Razi berharap ada mahasiswa yang tertarik untuk penelitian dibidang radar dan dapat magang serta studi lanjut di Jepang. Sebelumnya departemen fisika pernah mengirimkan mahasiswa magang di Joshapat Microwave Remote Laboratory (JMRSL) Chiba University, Jepang.

Magister Fisika UNP